Mengenal Ciri-ciri Kepribadian Ekstrovert

Kepribadian setiap orang mempengaruhi bagaimana cara ia beperilaku sehari-hari. Kepribadian didefenisikan sebagai bentuk keseluruhan pola pikir, perasaan serta perilaku yang sering digunakan untuk beradaptasi secara terus menerus dalam kehidupan. 

Kepribadian seseorang terbagi menjadi dua tipe, yakni introvert dan ekstrovert. Kedua tipe kepribadian ini sangatlah bertolak belakang. Lebih suka menyendiri adalah kepribadian introvert sedangkan extrovert lebih suka menghabiskan waktunya bersama orang lain.

Pada kesempatan ini, kita akan lebih berfokus untuk membahas individu dengan kepribadian ekstrovert. Seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert akan menghabiskan banyak aktivitas di luar seperti liburan, nongkrong, belanja, dan lain sebagainya.

Selain poin-poin diatas, kepribadian ekstrovert memiliki ciri-ciri khusus yang mudah kalian lihat dan sadari, yaitu:

1. Berbicara dan Bertindak Secara Spontan

Seseorang dengan kepribadian ekstrovert memiliki kecenderungan untuk berbicara dan bertindak secara spontan. Hal tersebut menimbulkan kesan bahwa mereka adalah seseorang yang blak-blakan, yaitu seseorang yang akan menyampaikan langsung apapun yang mereka pikirkan tanpa dipikirkan terlebih dahulu. 

Salah satu alasan yang menyebabkan mereka untuk cenderung berbicara dan bertindak secara spontan adalah mereka tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan sesuatu secara detail.

2. Pandai Mencairkan Suasana

Ketika berada di lingkungan baru, seseorang dengan kepribadian ekstrovert akan berusaha untuk menyesuaikan diri dan mencairkan suasana agar ia bisa “diterima” dalam lingkungan tersebut. 

Mereka juga tidak akan merasa keberatan untuk memulai suatu percakapan atau interaksi agar suasana menjadi cair (tidak terlalu tegang). Berdasarkan hal tersebut, seseorang dengan kepribadian ekstrovert sering dijuluki sebagai “good ice breaker”.

3. Mudah untuk Bergaul

Salah satu keahlian orang yang memiliki kepribadian ekstrovert adalah bergaul. Bagi mereka, mendapatkan teman-teman baru baik di dalam dunia nyata maupun dunia maya adalah hal yang paling mudah. Selain itu, mereka tidak pemilih dan bersikap lebih terbuka dengan siapapun, termasuk dengan orang yang mungkin baru dikenalnya. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi kekurangan bagi mereka, yaitu kurang selektif dalam mencari teman.

4. Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi

Setiap orang pasti memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda. Ada seseorang yang memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, dan ada juga yang memiliki tingkat kepercayaan yang cukup rendah. Akan tetapi, individu dengan kepribadian introvert dikenal sebagai seseorang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Hal ini biasanya mereka tunjukkan ketika mereka tampil di depan publik, berbicara dengan orang baru, dan lainnya.

5. Senang Bekerja dalam Kelompok

Seseorang dengan kepribadian ekstrovert akan merasa senang dan nyaman ketika bekerja dalam kelompok. Dengan bekerja dalam kelompok, mereka merasa mendapatkan energi tambahan sehingga lebih semangat dalam mengerjakan tugas-tugasnya. 

Sebaliknya, rasa semangat yang ada di dalam diri individu kepribadian ekstrovert akan berkurang ketika mereka harus bekerja secara mandiri. 

Beberapa ciri-ciri di atas merupakan tanda orang yang memiliki kepribadian ekstrovert. Jika kamu mengalami ciri-ciri tersebut, bisa saja kamu memang termasuk orang dengan kepribadian ekstrovert.

Komentar