Tipe Kepribadian Manusia, Tebak Kamu Yang Mana!

Tipe Kepribadian Manusia, Tebak Kamu Yang Mana!

Kita semua tahu bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan harus membutuhkan bantuan dari orang lain.

Namun, selain dikenal sebagai individu yang tak bisa hidup sendiri, manusia juga di kenal sebagai sosok yang memiliki kepribadian yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Secara garis besar, banyak orang yang menganggap bahwa tipe kepribadian manusia dapat dibedakan menjadi tiga, yakni introvert, ekstrovert, dan ambivert.

Namun, ternyata hal tersebut tidaklah benar, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tipe kepribadian yang dimiliki oleh manusia, penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Tipe Kepribadian Manusia

1. Sanguinis

Tipe kepribadian manusia yang pertama adalah disebut dengan sanguinis, dimana biasanya tipe yang satu ini akan dimiliki oleh seorang yang ambivert.

Biasanya mereka dengan tipe sanguinis akan memiliki sifat yang periang, ceria, hangat, bersahabat, dan banyak bicara.

Selain itu mereka juga dikenal dengan sifatnya yang selalu optimis dan meyakini bahwa pengalaman yang menyenangkan itu harus dinikmati semaksimal mungkin.

Biasanya mereka juga memiliki selera humor yang baik, tak heran mereka akan sangat cocok jika bekerja di bidang marketing, travel, kuliner, olahraga, maupun di bidang fashion.

Namun dibalik itu semua, mereka tetap memiliki sebuah kelemahan, yakni cenderung kurang disiplin untuk masalah waktu dan memiliki emosi yang labil.

Selain itu, mereka juga akan cenderung lari saat menghadapi sebuah masalah karena memang mereka tidak terlalu menyukai hidup yang penuh dengan masalah dan cenderung rumit.

2. Koleris

Tipe kepribadian yang berikutnya yakni di sebut degan koleris, yakni sifat yang cenderung menggebu-gebu, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan bersifat dominan jika bersama dengan orang lain.

Biasanya, orang dengan kepribadian seperti ini akan memiliki sifat yang tegas dan juga dikenal sebagai pemimpin yang memiliki sifat mandiri dan pantang menyerah.

Tipe kepribadian yang satu ini akan sangat cocok bekerja sebagai seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan, toko, teknik, statistik, dan perencanaan di bidang industri.

Adapun kelemahan yang dimiliki oleh mereka yang memiliki kepribadian yang satu ini adalah cenderung merasa cepat puas, pemarah, sulit memaafkan, egois, dan sarkastik.

 Tak heran, jika tidak ada yang memiliki pendapat yang serupa dengannya, mereka tidak segan untuk mempermalukan orang tersebut.

3. Plegmatis

Tipe kepribadian yang berikutnya adalah plegmatis atau mereka yang sangat senang dengan suasana yang damai dan juga tentram.

Biasanya orang yang masuk dalam kategori tipe kepribadian yang satu ini adalah mereka yang merupakan kaum introvert.

Karena sifatnya yang cinta kedamaian, orang dengan tipe kepribadian ini cenderung menciptakan keharmonisan pada orang terdekatnya.

Selain itu, mereka yang cenderung memiliki sifat yang satu ini dikenal dengan tipenya yang setia, tenang, cenderung berpikir dengan kepala dingin, suka membantu orang lain, dan dapat diandalkan dalam situasi apapun.

Nah, untuk soal pekerjaan, mereka akan sangat cocok jika masuk kedalam bidang guru, psikolog, konseling, dan lain-lain.

Namun, terlepas dari semua kelebihan yang dimilikinya, ternyata mereka juga memiliki sebuah kelemahan, yakni cenderung penakut atau takut akan datangnya konflik sehingga mereka sulit untuk menolak permintaan orang lain meskipun situasi mereka saat itu sedang susah, mudah khawatir, cenderung tidak suka dikritik, suka menunda-nunda, dan mau mencari aman sendiri.

4. Melankolis

Tipe kepribadian berikutnya yang sering dialami oleh manusia adalah melakonis dan merupakan kepribadian yang dimiliki oleh mereka yang memiliki jiwa yang introvert.

Tipe yang satu ini dikenal dengan tipe yang sangat bertolak belakang dengan kepribadian sanguinis yang memang dikenal dengan orang yang ceria dan juga periang.

Tipe melankonis merupakan sosok yang sangat suka dengan hal hal yang berbau dengan perfeksionis, analitis, sangat teliti, rajin, dan berbakat sehingga tipe ini dikenal sebagai manager fantastis yang berbakat.

Nah, pekerjaan yang cocok buat mereka adalah manager, akuntan, atau bagian administrasi. Namun, dibalik sisi kelebihan yang mereka miliki, ternyata mereka juga memilki kekurangan.

Melankolis juga memiliki kelemahan, diantaranya mudah pesimis, sangat sensitif, perasa, mudah berpikiran negatif, pemurung, dan kurang dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Komentar